Senin, 06 Juni 2016

Rahasia Memasak Asyik, Cukuplah Dengan EasyMix

Ayam goreng krispy telah menjadi makanan sejuta umat. Bagi bocah - bocah di rumah makan belum sah kalau belum ada ayam ala Kentucky. Apalagi sore hari, begitu pisang goreng keluar, dalam hitungan menit ludes tak berbekas. Padahal  gaya hidup sehat menganjurkan membatasi gorengan. Bagaimana dong siasatnya?
Cemilan gak harus jajan. Pesan ibu mertua yang sering membuat kami gorengan. Dibatasi bukan berarti dilarang. Pintar-pintar kita yang mengaturnya. Yang  perlu diperhatikan jumlah, frekuensinya, dan paling penting cara memasaknya. Solusinya adalah dengan memasaknya sendiri. Jadi, lebih pasti apa yang dimasak, bahan sesuai pilihan, tanpa tambahan yang gak jelas.

Suatu keberuntungan bagi saya, Mari Masak TV cooking class bekerjasama dengan Sriboga, memberikan kesempatan belajar memasak di studionya di Plaza Kemang. Chef Citra sang pakar berbagi jurusnya mengolah gorengan yang pas untuk kesehatan. Japanese Tempura, kentang krispy, ayam ala Kentucky, hingga pisang goreng,  dimasak asyik dengan tepung andalan. EasyMix tepung mudah saji untuk yang merindukan gorengan sehat.
Sayuran Tempura ala Jepang
Olahan makanan gaya Jepang, memang bikin ketagihan. Salah satunya tempura, mulai dari udang hingga sayuran bisa dijadikan bahan. Bagi saya ini adalah salah satu cara mensiasati si kecil yang rada segan makan, tapi gemar yang renyah-renyah. Ketemu deh caranya mebuat sayur goreng. Iya, ternyata tempura bukan hanya udang, tapi juga sayuran. Brokoli, terong, wortel pun bisa digunakan. EasyMix Japanese Tempura memudahkan sajian menarik ini dapat  dibuat di rumah. Begini memasaknya :
Bahan batter:
100 gram Sriboga EasyMix Japanese Tempura,
170 ml air dingin.
Bahan :
10 buah udang ukuran sedang, yang telah diluruskan,
200 gram terong ungu dipotong membentuk kipas,
125 gram wortel yang diiris serong,
250 gram brokoli yang sudah dipotong per kuntum,
800 ml minyak goreng.
Caranya:
1.  Aduk bahan batter hingga tercampur rata, dengan diaduk dengan balloon whisk.
2. Celupkan satu per satu sayuran dan udang.
3. Goreng dalam minyak panas dengan suhu kurang lebih 170 oC. Cukup 2 menit hingga kekuningan.
4. Tiriskan tempura dengan kitchen paper.
5. Udang dan sayuran Japanese Tempura siap disajikan.
Tips memasak tempura:
Pilihlah udang yang cukup besar,
Sisakan bagian ekor untuk pegangan saat menggoreng,
Kerat serong bagian lengkungan dalam udang, lalu tekan bagian punggungnya hingga lurus,
Saat menggoreng, pegang bagian ekor, celup dan putar-putar (kurang lebih 8-10 kali) hingga mantap kelurusannya, lalu dilepas.
French Fries ala Sriboga EasyMix
Kentang goreng renyah sering saya gunakan sebagai pengganti nasi. Paling sering, saya sangu sebagai cemilan dengan saus tomat. Sembari nonton TV cepat banget ludesnya. Kebiasaan sih beli jadi. Setelah mendapatkan wangsit dari chef Citra, rasanya saya sudah bisa membuatnya sendiri nanti di rumah.
Bahan:
500 gram French fries beku,
800 ml minyak goreng.
Bahan coating:
100 gram Sriboga EasyMix Serbaguna,
170 ml air dingin,
100 gram Sriboga EasyMix Serbaguna.
Cara membuat:
1. Campurkan Sriboga EasyMix Serbaguna dengan air dingin,
Aduk menggunakan balloon whisk.
2. Gulingkan frozen french fries ke dalam adonan kering Sriboga EasyMix Serbaguna.
3. Celupkan kentang beku ke adonan basah.
4. Goreng dalam minyak panas hingga terendam,
Angkat setelah berwarna kuning keemasan,
Langsung tiriskan.
Tips membuat kentang goreng:
Pastikan seluruh bagian kentang terlapis adonan kering, sehingga adonan basah melekat sempurna.
Crispy Chicken Burger
Ayam goreng krispy ala bapak kolonel itu memang menggugah selera. Saya juga selalu doyan, meskipun sudah kenalan sejak masih SD puluhan tahun yang lalu, gak ada bosannya. Pernah sih menjajal menggoreng sendiri tapi krispynya belum tampak. Senangnya saya mendapatkan koreksi pembuatannya. Oalah ...begitu ternyata .
Bahan :
5 buah fillet dada atau paha ayam,
800 ml minyak goreng.
Bahan coating ayam:
50 gram Sriboga EasyMix Crispy ala Kentucky,
Air dingin,
100 gram Sriboga EasyMix Crispy ala Kentucky, untuk adonan kering.
Bahan pelengkap:
5 buah burger bun, yang dibelah dua,
10 buah selada air, telah dicuci bersih dan tiris,
2 buah tomat merah diiris tipis,
5 lembar keju cheddar,
5 sdm mayonnaise untuk olesan.
Cara membuat:
1. Campurkan 50 gram Sriboga EasyMix ala Kentucky dengan air dingin. Aduk menggunakan balloon whisk.
2. Gulingkan fillet dada atau paha, dengan satu tangan, ke dalam adonan basah tersebut.
3. Pindahkan fillet menggunakan tangan yang lain, ke adonan kering.
4. Remas-remas kalau perlu dicubit hingga ke dalam. Semakin merata cubitan, semakin banyak lekukan krispynya nanti.
5. Goreng dalam minyak panas dengan suhu kurang lebih 170 oC, selama 11 menit. Langsung tiriskan.
6. Oleskan mayonnaise ke dalam burger bun.
Susun potongan tomat merah, selada air juga keju cheddar.
7. Letakkan fillet crispy matang di atasnya. Tutup bagian atas burger bun.
Tips sukses membuat ayam krispy:
Fillet ayam dikeprek, seperti digilas setipis mungkin. Semakin tipis, akan lebih mudah krispy.
Marinasi (perendaman) dengan adonan basah setidaknya 15 menit.
Ayam sebagai sumber protein hewani, yang harus digoreng matang. Protein hewani, selain ayam, bisa dimasak setengah matang.
Perhatikan suhu panasnya harus lebih dari 170 oC selama 11 menit. Pemanasan dengan suhu lebih dari 70 oC akan mematikan kuman, temasuk Salmonella penyebab food poisoning. Ayam termasuk yang rentan menyimpan kuman Salmonella. Jadi pastikan matang saat memasaknya.
Goreng ayam satu per satu, jangan dimasukkan sekaligus. Efeknya bisa kurang matang. Kalau perlu dibolak-balik.
Remas - cubit - remas - cubit, jangan ragu-ragu, supaya hasilnya krispy sesuai keinginan.
Sate Pisang Goreng
Kalau ditawarkan pisang goreng, sangat sulit untuk menolak. Apalagi sekali bertemu dengan pisang nan renyah, lidah gak bakalan berhenti mengunyah. Sering bikin sendiri, meskipun biasanya bantet, tetap saja habis. Itulah takdir memasak, harus dihabiskan ya, meskipun rada-rada gimana... Tapi itu hanya sampai kemarin, kini saya sudah lebih mahir membuatnya. Lebih ahli, sebelas duabelas layaknya buatan chef Citra. Berani coba bikin sendiri???
Bahan batter :
220 gram Sriboga EasyMix Pisang Goreng,
220 ml air dingin.
Bahan :
10 buah pisang kepok, dipotong menjadi 3 bagian,
800 ml minyak goreng,
100 gram milk chocolate compound, yang telah dilelehkan.
Cara membuat:
1. Campurkan Sriboga EasyMix Pisang Goreng dengan air dingin.
Aduk dengan balloon whisk.
2. Celupkan potongan pisang kepok ke dalam adonan batter.
3. Goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Langsung tiriskan.
4. Celupkan potongan pisang goreng ke dalam lelehan coklat.
5. Tusuk potongan pisang.
Satu tusuk = 3 potongan.
Siap disajikan.
Setelah mencicipi masakan, saya semakin percaya diri kalau memang bisa memasak sendiri. Memang perlu banyak latihan, adakalanya gagal yang menjadi pengalaman. Seperti memilih tepung pelapis yang mudah, dan anti gagal. Satu yang paling terasa, hasil gorengan kami pasti renyahnya. Hal paling berkesan, masakan saya krispy tetapi tidak menyerap minyak. Sehingga kerongkongan jauh dari rasa gatal.
EasyMix sangat membantu menyiapkan hidangan, apalagi dengan keterbatasan waktu seperti saat puasa. Penggunaannya sederhana, campur -celup -guling-goreng-tiriskan. Gak perlu tambahan dan lain sebagainya. Cukuplah dengan sekantung EasyMix. Renyahnya bisa diadu. Meskipun disajikan saat kerongkongan kering, seperti ketika berbuka, tidak menambah kekeringan di mulut, karena tepung ini minim menyerap minyak. Gorengan sehat, low kolesterol, gak perlu jauh-jauh. Ternyata bisa dibuat sendiri, termasuk di rumah.
Catatan:
Takaran gram bisa digantikan dengan sendok makan.
1 sendok makan munjung = 1 sdm = 15 gram tepung.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar