Senin, 14 Desember 2015

Ibu Sehat Indonesia Sehat




















 Berbagi dan Selamatkan Satu Nyawa


"Saya seorang Ibu" sebuah keajaiban, kemuliaan, tapi juga takdir seorang wanita. Takdir mulia dengan banyak resiko dan taruhan nyawa. Sayangnya, pergumulan tersebut tidak terdengar, terbungkam di balik kain kafan.

Ceritamu dapat menyelamatkan Ibuku. "Share Once Save One Life", satu langkah bersama demi menurunkan Angka Kematian Ibu. 


Sambutan ibu Yohana S.Yembise meresmikan Funwalk peringatan hari ibu ke-87. Jalan santai pada hari Minggu jam 10 pagi, 6 Desember 2015. Tidak hanya wanita dan ibu hamil, para pria, suami, ayah, bahkan anak-anak pun turut serta. Dari depan kantor KOWANI, Imam Bonjol- Taman Suropati- Bundaran HI, kembali ke garis start. 

Ibu Sehat Indonesia Sehat, Sumber: Prenagen World


Angka Kematian Ibu di Indonesia masih tertinggi di ASEAN. Menurut data demografi kesehatan 2012, 359 kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup. Fakta yang banyak dijumpai, tetapi terlupakan. Kesadaran tentang pentingnya keselamatan ibu hamil dan melahirkan harus dipulihkan. Salah satunya lewat Jalan Santai dan "Belly Danxercise" tari perut ala bumil dari Prenagen.

"Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam Mewujudkan Lingkungan yang Kondusif untuk Perlindungan Perempuan dan Anak” tema peringatan hari Ibu ke-87 tahun 2015, yang puncak dilaksanakan di Kupang, NTT. Mengapa di Kupang? karena Angka Kematian Ibu (AKI) nya tertinggi. Juga menggalakkan edukasi "Share Once Save One Life", bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), KOWANI, KlikDokter.com, APPI dan Prenagen.

AKI Indonesia masih "juara" -Sumber: PedesaanSehat.com

KPPPA mengajak bekerja sama menurunkan AKI dan bayi. Bersama kader KOWANI, mempraktekkan pengetahuan 3 Terlalu 4 Terlambat. Kenali dan hindari untuk mencegah penyulit yang membahayakan kehamilan dan persalinan.


3 Terlambat :
  • Terlambat dalam mencapai fasilitas : faktor jarak, lokasi, dan transportasi
  • Terlambat dalam mendapatkan pertolongan yang  cepat dan tepat di fasilitas pelayanan : faktor fasilitas dan sumber daya
  • Terlambat dalam mengenali tanda bahaya kehamilan dan persalinan
4 Terlalu :
  • Terlalu muda (usia di bawah 16 tahun)
  • Terlalu tua (usia diatas 35 tahun)
  • Terlalu sering (perbedaan usia antara anak sangat dekat)
  • Terlalu banyak (memiliki lebih dari empat orang anak)

tanda bahaya kehamilan
Sumber : spotdokter.com

Kejadian perdarahan, preeklampsia (kejang), hipertensi, anemia menjadi penyebab utama kematian.  Kebanyakan perdarahan terjadi karena kurang gizi (Malnutrisi/ Kekurangan Energi Kronis) dan rendahnya hemoglobin (Anemia). Kurang gizi (a.l. zat besi, kalsium, protein) menyebabkan jumlah dan kualitas sel darah menurun. Hemoglobin menjadi sedikit, yang sesungguhnya dibutuhkan untuk mengikat oksigen. Jumlah sel pembeku darah berkurang, darah menjadi lebih encer, mudah berdarah, dan sukar berhenti jika berdarah.

Prioritaskan nutrisi bagi ibu hamil demi menurunkan AKI. Jika nutrisi cukup, zat besi dan hemoglobin ibu hamil pun meningkat. Salah satu cara sederhana adalah minum susu.Tentunya, susu khusus ibu hamil, yang kandungan gizinya sesuai dan mencukupi untuk bumil. Contohnya dengan PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY. Sejak tahun 2012, sudah lebih dari 3.000.000 Ibu hamil dan menyusui menjadi peserta.

Jalan Sehat tapi santai sebagai relaksasi ibu hamil. Santai, relaks, tentunya membahagiakan secara emosi, dan menyehatkan secara fisik, apalagi jika dilakukan teratur setiap hari. Kebersamaan, partisipasi keluarga, termasuk suami dan sahabat, memberi efek tambahan. Sesuai dengan tujuan Fun Walk Hari Ibu ini.

Gerakan Belly Danxercise, sebaiknya dilakukan ibu hamil. Modifikasi gerakan persalinan ala PRENAGEN, cocok untuk persiapan persalinan (trimester terakhir). Manfaatnya untuk menjaga kebugaran fisik juga mental ibu selama menjalani kehamilan. Belly Danxercise melatih otot-otot persalinan. Jika sudah terlatih, diharapkan proses persalinan akan lebih mudah dan lancar. Sehingga terhindar dari penyulit atau bahaya persalinan lama. 

Ternyata, Share Once Save One Life  sangat sederhana, praktis dan mudah dilakukan. Dimulai dengan edukasi, berbagi pengetahuan, nutrisi, juga olahraga. Semoga pengalaman menjadi seorang ibu, bisa menjadikannya seorang malaikat. Bukan hanya malaikat di atas sana, tapi seorang ibu yang menjadi malaikat di dunia.



Website: prenagen.com
Facebook: fb.com/PRENAGENworld
Twitter: @PrenagenWorld
Instagram: @PrenagenWorld
Youtube: PrenagenWorld
Prenagen Pregnancy Educational Journey
Penting pada masa kehamilan

 

3 komentar :